Monster Di Dalam Laut

By Google 
Ketika kita ditanya ikan apa yang paling mengerikan? Pasti jawabnya adalah ikan hiu. Hiu dengan ukurannya yang besar, gigi yang tajam serta mamalia yang air yang cukup menakutkan. Tapi, bukan hanya hiu saja yang mengerikan. Masih banyak lagi jenis ikan yang mengerikan di dalam lautan.

Saya tidak akan membahas tentang ikan hiu. Tapi, akan membahas tentang Silver Tetra Ctenobrycon spilurus (Characidae) Characins. Kita lebih sering  menyebutnya ikan piranha. Ikan piranha merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam golongan omnivora. Ikan Piranha juga termasuk dalam famili Characidae. Characidae adalah turunan dari ordo Characiformes.

Asal muasal ikan ini di sungai-sungai Amerika Selatan. Ikan piranha memiliki tubuh beberapa sentimeter hingga 40 sentimeter. Ikan piranha memiliki gigi yang tajam dan berbentuk segitiga. Ikan ini tidak hanya memakan daging saja melainkan ada juga yang makan tumbuhan dalam laut.

Terdapat 40 spesies ikan piranha yang ditemukan di sungai Amerika Selatan hingga Colombia. Tapi, hanya memakan tiga spesies yang dinyatakan benar-benar menunjukan agresi ataupun ganas terutama piranha perut merah.Piranha pemakan daging pada umumnya lebih suka mengais-ngais hewan mati daripada menyerang hewan hidup. Mereka cenderung berenang berkelompok ini sebagai bentuk pertahanan diri.

Beberapa peneliti dan penulis seperti Richard Conniff dalam bukunya yang berjudul Swimming with Piranhas at Feeding Time menceritakan bahwa gambaran Piranha seperti yang selama ini dibesar-besarkan oleh para sineas Hollywood adalah tidak benar. Karena beliau sudah membuktikannya dengan masuk ke dalam aquarium seaworld di Dallas, Amerika, saat ikan piranha diberi makan.

Barry Chernoff, Profesor Studi Lingkungan dari Wesleyan University menyebut ikan piranha sebagai “monster palsu”. Pendapat  beliau adalah bahwa penjelajah Eropa yang pertama pergi ke Amerika Selatan harus kembali dengan spesimen dan kisah-kisah agar dapat cukup nyata. Hal ini menurutnya harus banyak dana yang harus dikeluarkan agar penjelajahan dan penelitian berjalan lancar.

Jadi, ikan piranha yang digadang-gadang sebagai monster di film-film pada kenyataannya tidak begitu mengerikan. Meskipun ada Beberapa spesies yang termasuk ganas.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Aiih ngeri kali penampakan ikan itu bah Dew..
    Aku takut kali sama laut sejak nonton film Sark...

    BalasHapus
  2. Jadi tetap hiu dong yaa yang paling menyeramkan.
    Piranha mah beraninya kalau rame-rame. Hehehe

    BalasHapus