Pesan Najwa Shihab Agar Cinta Membaca



Di Indonesia kegiatan, kebiasaan membaca belum menjadi budaya. Sehingga dalam sebuah survey Indonesia memasuki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam minat baca masyarkatnya. Sungguh peringkat yang begitu menyedihkan. 

Ini adalah PR bersama dalam rumah tangga Indonesia untuk meningkatkan lagi minat baca masyarakatnya. Ini bukan sekedar tugas pemerintah semata tapi ini PR semua kalangan dari orang tua, tenaga pendidik dan seluruh lapisan masyarakat. Dan alhamdulillah sekarang ini semakin banyak terlihat perpustakaan-perpustakaan yang bergerak secara mandiri, sebegai bentuk kepedulian terhadap masyarakat akan pentingnya membaca. Dari Aceh sampai Papua kini sudah ada perpustakaan bergerak yang menjangkau pelosok-pelosok meskipun belum banyak jumlahnya. Ini menandakan Indonesia selangkah atau bisa jadi sepuluh langkah lebih maju soal minat baca jika dibandingkan sepuluh tahun lalu.  

Bahkan Indonesia juga sudah memiliki Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) yang beralamat di Jakarta Pusat,  perpustakaan tertinggi di dunia. Sungguh luar biasa sekali Indonesia. Semoga semakin banyaknya yang peduli dengan membaca, selalu membudayakan membaca, membaca sebagai acuan mencari informasi tidak sekedar mendengar yang katanya dan katanya tanpa ke validan berita lebih bisa diminimalisir.  

Untuk menciptakan masyarakat yang gemar membaca ternyata bukan dari pertama kali anak masuk sekolah atau dari sekolah-sekolah melainkan dari rumah masing-masing. Karena jika anak atau orang tua sudah dibiasakan membaca sejak dari lingkungan keluarga maka di masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kegiatan membaca. 

Saya begitu suka dengan jargon Mba Najwa Shihab selaku duta baca Indonesia. Jargon yang saya rasa begitu cerdas dan mengena untuk kita cinta membaca. Jargon ini saya dengar saat melihat beberapa video Mba Nana (panggilan akrab Najwa Shihab) di youtobe pribadinya beliau mengatakan "Cuma Perlu satu buku untuk cinta pada membaca, cari buku itu. Mari jatuh cinta" Jargon yang begitu bijak sekali dan teruslah membaca.  

NB: Tulisan ini diikut sertakan pada program one day one post Blogger Muslimah Indonesia 

#odopokt10 #odop #bloggermuslimahindonesia 

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Response to "Pesan Najwa Shihab Agar Cinta Membaca "