Mengudara Bersama Bilik Sastra Voice Of Indonesia Radio Republik Indonesia (VOIRRI)



Sebelum mengulas tentang apa itu bilik sastra saya ingin bertanya sebelumnya. Adakah yang tau program bilik sastra?. Iya, Bilik sastra adalah salah satu program di Voice Of Indonesia (VOI). Program bilik sastra ini mengangkat karya sastra berupa cerpen dari masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri dari seluruh dunia. Kegiatan bilik sastra ini sudah berlangsung dari 2011. Sudah cukup lama juga ternyata. Setiap tahunnya bilik sastra akan menseleksi 3 karya terbaik. 

Karya-karya yang masuk ke bilik sastra kebanyakan karya-karya para buruh migran meskipun ada juga karya-karya pelajar Indonesia yang kuliah di luar negeri. Bagi saya ini adalah wadah yang sangat bagus sebagai penyalur bakat ataupun hobi serta membangkitkan lagi gairah sastra, tidak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri juga. 

Alhamdulillah cerpen karya saya sudah tiga kali diterima oleh bilik sastra dan dibacakan melalui siaran Voice Of Indonesia Bilik Sastra.  Dan Sabtu (14/10) cerpen  saya yang berjudul "Gundik" juga dibacakan oleh Mba Enggar penyiar Radio Republik Indonesia (RRI). Sungguh ini adalah semangat buat saya untuk semangat menulis lagi setelah hampir seminggu sedikit malas untuk memijit keyboard laptop yang usianya semakin tua. 

Sebelum karya dibacakan pihak bilik sastra menghubungi saya lewat email. Mereka mengabarkan tulisan saya akan dibacakan pada hari sabtu 14 oktober. Setelah itu mereka menanyakan kesediaan saya pada tanggal 14 itu untuk berbincang-bincang mengenai cerpen saya melalui telephone. Dan saya menyatakan bersedia. Pas banget kemarin saat cerpen saya dibacakan saya lagi dinas malam tidak akan mengganggu waktu kerja.  

Saat bincang-bincang syukur alhamdulillah tanya jawab seputar cerpen yang saya tulis lancar walau sedikit deg degan.Meskipun sebelumnya juga sudah dibaca terlebih dahulu oleh Bunda Pipiet Senja dan ada koreksi dibeberapa bagian. Koreksi dari senior membuat saya semakin semangat untuk menciptkan karya yang lebih baik dan bermanfaat.  


Tahun ini alhamdulillah sudah terpilih 3 orang peraih cerpen terbaik bilik sastra award yaitu Kaka Clearny dari Hongkong, Raidha Athira daru Polandia dan Etty Diallova dari Taiwan. Ketiganya akan diundang ke RRI Jakarta dan semua akomodasi ditanggung oleh pihak RRI Jakarta. Selamat buat ketiga peraih bilik sastra VOI-RRI award. Semoga tahun depan giliran saya. Aamiin 😊

NB: Tulisan ini diikut sertakan dalam program one day one post Blogger muslimah indonesia

#odopokt9 #bloggermuslimahindonesia #odop



Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 Comments

  1. Ahhh iput ga sempet dengerin kadew:((

    BalasHapus
  2. Keren! Pemenangnya dari berbagai negara. Ini membuktikan walau di luar negeri tapi jiwanya tetap Indonesia

    BalasHapus
  3. Kereen mbk Dew, karyanya bisa dibaca di bilik sastra

    BalasHapus