Membuat Judul Artikel Yang Buat Greget Pembaca

Dalam membuat sebuah tulisan bagian yang terpenting dan tak dapat dipisahkan adalah judul. Berbagai cara orang mengeksekusinya. Ada yang membuat judulnya dulu lalu membuat isinya atau membuat isinya dulu baru membuat judulnya. Ada pula yang membuat judulnya dulu lalu isinya entah kapan. Hanya mengumpulkan judul saja tapi eksekusinya dalam waktu lama (sering diposisi ini). #curcol

Banyak cara untuk membuat judul sebuah tulisan atau artikel. Kali ini saya akan membahas 5 teknik membuat judul artikel yang membuat pembaca ingin membca isinya. Ilmu ini saya dapatkan dari kakak Casofa Fachmi penulis buku national best seller Habibie tak Pernah Kalah dan Lelah  dan sang editor kece yang sudah menjalankan pekerjaan editornya selam 8tahun disebuah penerbitan ternama di Indonesia.

Menurut penuturan sang suhu untuk membuat judu tulisan harus unik, menarik hingga membuat pembaca gregetan untuk membaca isinya. Dan memang ada beberapa strategi yang digunakan. Selain memakai teknik angka seperti 7 keajaiban rezeki, 10 tips menjadi penulis handal dan lainnya. Intinya teknik angka merupakan strategi yang baik untuk menyedot perhatian pembaca. Tapi, tidak selamanya harus menggunakan angka. Ada teknik-teknik lainnya yang membuat pembaca penasaran dan ingin meng-klik tulisan kita untuk membacanya.

1. Teknik Bagaimana Caranya
Banyak orang yang ingin tahu banyak hal. Kita bisa memberikan petunjuk yang banyak orang inginkan. Sehingga kita bisa membuat atau menghadirkan judul untuk para mengulik lebih dalam.


  • Cara Jitu Membuat Bisnis Melejit
  • Strategi Membayar KPR-an Rumah Tak sampai Setahun Terkuak Di sini!  

2. Teknik Kisah
Manusia adalah makhluk pencerita. Sehingga kita bisa memanfaatkan hal ini. Jadi, para penulis dapat menampar pembaca dengan judul bertema kisah atau cerita.


  • Sembuh Total! Setelah Melawan Kanker 3 Tahun
  • 3 Tahun Menjadi TKI Di Taiwan Kini Danang Menjadi Pengusaha

3. Teknik Tantangan
Jika kita bisa memosisikan tantangan kepada pembaca dengan cantik Bagaimana orang atau kita dapat meraih kesuksesan. Pasti pembaca memberi etensi kepada kita. Karena orang lain selalu ingin berada diposisi yang telah kita dapatkan. Tidak ada salahnya menonjolkan atau memamerkan apa yang telah kita dapatkan dengan proses dan segala usaha yang kita lalui. Karena pembaca senang dengan hal yang jujur atau orisinil.


  • Kamu Mau Penghasilan 20 Juta seperti saya? Hanya 10 Hal Ini Yang Perlu Kamu Lakukan
  • Usaha Dari Rumah, Rina Sukses Dengan Omset Ratusan Juta. Begini Caranya!

4. Teknik Emosional
Dengan teknik ini bisa mendatangkan kaget para pembacanya. Sehingga para pembaca berteriak "Nah, ini yang gue cari! dan emosi seru lainnya. Tidak ada salahnya kita member I bonus kepada pembaca.


  • Mengapa Khasiat Terong Tidak Pernah Dibeberkan.
  • Membuat Anak Tahan Puasa 30 Hari (Bonus Kertas Kerja) 

5. Teknik Target
Dengan teknik target yang jelas kita akan memiliki pembaca khusus. Target ini boleh kisaran usia, profesi, kelompok tertentu, dan yang lainnya, sesuai dengan tema yang sedang kita angkat.


  • Kalau Kamu Mulai Merancang Biaya Pernikahanmu! Baca Tips Ini.
  •  Kamu Menginginkan Kesejahtraan Pensiun Tapi Tidak Tahu Memulai Dari Mana? Ini Yang Harus kamu Lakukan.


Teknik membuat judul yang menarik perhatian pembaca terus berkembang. Tapi, 5 hal di atas dapat menjadi dasar yang kuat untuk artikelmu sehingga akan mendatangkan traffic yang luar biasa. Jangan lupa memperhatikan isi keseluruhan konten tulisan kita. Karena tanpa kualitas blog atau website yang Kamu buat tidak akan pernah diingat oleh pembaca potensialmu.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

12 Comments

  1. Wah, aku klik yg khasia terung kok gak bisa? Kirain itu link..

    BalasHapus
  2. Nice mbak Wie. Tapi aku biasanya buat judul dulu baru isi. Kalau isi dulu baru judul, asli gak bakal nemu tuh judulnya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku buat judul dulu baru isi pernah, buat isi dulu Baru judul jg pernah

      Hapus
  3. Aku juga klik contoh.. Kirain link.. Hahahaha.. Tp aku kok tetep syusyah bikin artikel.. Huhuhu.. Nangis di pojokan

    BalasHapus