Menu asik dari negeri sebrang: Kwetiau Kungfu

Gambar:  Dokumen pribadi 
Kalau ngomongi kuliner emang nggak ada habisnya kayak bahas cinta yang nggak ada matinya walaupun kata orang ada "cinta math" :D. Apalagi di Indonesia surganya kuliner. Tapi, saya tidak ingin membahas kuliner Indonesia. Saya ingin membahas kuliner negeri tetangga Indonesia yaitu Negara Malaysia. Makanan ini ntah dari mana aslinya saya juga kurang pasti dengan namanya yang menurut saya agak unik "kwetiau kungfu". Nah soal namanya saya juga kurang pasti itu nama sebenarnya atau nama pemesnya saja. Karena setiap rumah makan yang saya datangi dan menyediakan menu itu selalu menulis dengan nama " kwetiau kungfu".

Kwetiau kungfu ini membuat lidah saya tertagih. Saat lagi Makan di luar selalu makan di warung tom yam atau warung siam (baca:Thailan) saya selalu memesan Kwetiau kungfu atau tom yam seafood, sup buntut atau sup tulang. Kemarin pas lagi pengen makan Kwetiau kungfu dan warung tomyam juga agak jauh dari asrama akhirnya saya eksekusi dapur untuk membuat Kwetiau kungfu dengan bahan yang ada di kulkas.

Bahan
1. Kwetiau
2. Bawang merah besar 1 sing
3. Bawang putih 3 siung
4. Cabai rawit 5 bush
5. Telur
6. Minyak goreng
7. Merica bubuk
8. Sawi hijau
9. Wortel potong korek api
10. Brokoli
11. Jagung muda/janten
12. udang/sotong
13. Tepung jagung 2 sendok
14. Kiub sapi
15. Gula Dan garam

Cara memasak
Cuci bersih kwetiau Dan ambil sesuai porsi kita inginkan, tus hingga air berkurang/kering. Kocok lepas telur ayam Dan masukan Kwetiau yg sudah di tus kedalam kocokan telur. Panaska minyak setelah masak goreng Kwetiau yg sudah di masukan kedalam telur. Masak jangan terlalu kering.

Cara membuat saus/kuah
Kupas bawang putih dan bawang merah. Tumbuk kasar bawang putih Dan bawang merah, tumis hingga wangi lalu masukan air satu gelas jika ingin banyak kuah bisa di tambah. Biarkan hingga mendidih setelah itu masukan udang atau sotong sesuai selera setelah itu masukan brokoli yg Susan di potong kecil, wortel Dan sawi,jagung muda/janten,masukan kiub sapi,gula Dan garam secukupnya kemudian masukan tepung jagung yang sudah di cairkan untuk mengentalkan kuah. Sayur jangan terlalu masak cukup setengah masak.

Cara menghidangkan
Letak Kwetiau yg Sudah di goreng tadi kedalam piring lalu siramkan kuah/sup nya. Dan Kwetiau kungfu bisa di nikmati.


Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Baru tahu nih mbak ada istilah Kwetiau, kebayang citarasanya yang mantap

    BalasHapus
  2. Kwetiau klo di Indonesia namanya mie tiau,Mba. Nah buruan di coba resepnya pasti suka ^_^

    BalasHapus