Gemas Dan Impianku

Gemas dari TKI/BMI untuk Negeri 









Memiliki impian untuk punya perpustakaan pribadi di rumah adalah impianku sejak dulu.  Tapi, impian itu belum dapat ku wujudkan. Bagiku perpustakaan harus banyak memiliki koleksi buku agar perpustakaan itu lebih bersemangat. Ku mulai mencicil membeli buku-buku bacaan untuk ku konsumsi pribadi yang nantinya akan jadi penghuni di perpustakaan impianku. Selama bekerja di Malaysia aku sering membeli buku-buku bacaan dengan bahasa melayu atau sesekali aku membeli bacaan dari Indonesia. Dari buku bacaan motivasi, buku agama, buku pendidikan serta buku novel. Buku-buku itu sudah dalam hitungan hampir ratusan sampai kamar asramaku penuh dengan buku-buku ku.
Kenapa aku punya impian untuk mempunyai perpustakaan pribadi?. Ya, karena buku adalah warisan yang begitu bernilai. Apalagi saat ini buku hampir terbelakang karena pertumbuhan kecanggihan alat-alat yang dapat mengakses berita dengan mudah. Tetapi, bagi ku buku adalah sumber ilmu yang masih terus akan di pertahankan keutuhannya. Agar para generasi mendatang tidak aneh dengan benda yang namanya buku. Dan buku merupakan "Jendela ilmu". Banyak anak bangsa yang memiliki kecerdasan yang luar biasa karena kecintaannya terhadap buku. Tetapi, ada pula anak bangsa yang tidak dapat menikmati buku-buku bergizi yang mampu memberikan pengetahuan kepada mereka secara luas.
Dari situlah aku memiliki keingunan untuk memiliki perpustakaan pribadi yang dapat di nikamati oleh umum. Di nikmati oleh keluarga, sanak saudara bahkan para terangga. Tetapi impian itu masih belum dapat ku wujudkan. Insya Allah kedepannya perpustakaan impian iu akan dapat hadir di istana sederhanaku tercinta dan di seluruh daerah-daerah di Indonesia


Menyelaraskan Impian Bersama Gemas
Ternyata bukan aku saja yang memiliki impian untuk dapat membangun perpustakaan. Tetapi, banyak masyarakat yang memiliki impian seperti saya. Seperti halnya teman-teman yang berprofesi sama dengan dengan saya sebagai TKI ternyata juga punya niatan mulia memikirkan generasi Indonesia kedepannya. Para teman-teman TKI di Hongkong, Malaysia, Taiwan dan Singapore kini saling menyelaraskan impian untuk membangun rumah baca ataupun perpustakaan-perpustakaan di berbagai daerah di Indonesia. Bersama GEMAS ( Gerakan Masyarakat Sadar Baca dan Sastra) impian itu akan tumbuh nyata.

GEMAS pertama akan di buka di rumah ini
(Sumber gambar by : Te Erin Cipta)


Jangan Menunda Kebaikan
Meskipun perpustakaan itu belum dapat di wujudkan di istana sederhanaku tetapi perpustakaan itu akan berdiri di berbagai daerah. Ini adalah bentuk kebaikan yang tidak perlu di tunda, karena ini merupakan misi untuk mencerdaskan masyarakat dengan ilmu-ilmu yang berguna. Banyak anak-anak di luar sana yang merindukan rumah-rumah terbuka yang meyediakan ilmu d dalamnya. Dan tidak sekedar anak-anak saja tetapi para orang tua juga menanti wadah-wadah seperti ini. Karena banyak para orang tua yang menginginkan anaknya memiliki banyak ilmu, kecerdasan, keterampilan tetapi kemampuan mereka untuk menyekolahkan ataupun untuk sekedar membeli buku sangat terbatas.
mereka yang merindukan rumah-rumah terbuka
yang menyediakan ilmu di dalamnya
(Sumber gambar by: Mas hanif) 





Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »