Hari Batik Nasional : Melestarikan Budaya Bangsa




Hari batik Nasional ditetapkan pada tanggal 2 oktober. Batik merupakan budaya Bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Kegiatan membatik bearti kegiatan menggambar yang setiap goresannya memiliki arti.

Batik juga banyak jenisnya. Ada batik tulis, batik cap dan lainnya. Corak batikpun beragam. Banyak sekali dan bahkan ribuan jumlahnya. Setiap corak yang tergambar mengandung arti yang berbeda.

Batik Indonesia sudah mendunia. Jika teman-teman main ke negara tetangga kita, Malaysia. Singgalah ke Pasar Seni. Pasar seni adalah salah satu pusat belanja yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Baik untuk belanja ataupun hanya sekedar photo. Jika masuk ke Pasar seni, teman-teman naiklah ke lantai 2 dan 3. Di sana setiap kedai bisa dipastikan menjual batik. Ada batik Malaysia juga dan paling banyak batik Indonesia khususnya batik Solo dan Pekalongan.

Jadi, kita harus bangga dengan warisan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Batik tidak sekedar dipakai dalam acara formal atau instansi-instansi pemerintah. Tetapi batik juga bisa kita pakai menjadi pakaian sehari-hari dalam rumah. Bagi ibu - ibu yang suka memakai daster di rumah. Bisa dipilih daster corak batik sebagai baju dinas ketika di rumah. Seperti halnya dinas masak, nyuci baju dan beberes rumah.

Jadi, ketika kita bangga dengan batik, bearti kita sedang menjaga,melestarikan warisan budaya.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments