Fihi Ma Fihi




Judul Buku : Fihi Ma Fihi
Penulis : Jalaluddin Rumi
Penerbit : Zaman
Cetakan  2: 2016
ISBN : 978-602-1687-98-7
Halaman : 438 halaman
Penerjemah:  Abu Ali dan Taufik Damas

"Sungguh kasihan orang yang sampai ke laut dan ia merasa puas mendapatkan sedikit atau sebotol air,  sementara mutiara dan ratusan ribu benda-benda berharga dalam laut bisa dikumpulkan." (Halaman 49)

Rumi adalah salah satu filsuf dan sastrawan besar yang dimiliki umat manusia. Tokoh spiritual sepanjang masa yang pesan-pesannya menyuarakan perdamaian, cinta dan kemanusiaan. Karya-karyanya tidak sekedar dinikmati umat muslim saja melainkan seluruh umat manusia.

Salah satu karyanya adalah Fihi Ma Fihi berbentuk esai. Fihi Ma Fihi merupakan masterpiece. Memuat 71 ceramah-ceramah yang Rumi sampaikan dihadapan murid-muridnya untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi murid dan orang terdekatnya. Pelajaran dengan pendidikan ruhani agar menajalani hidup sesuai dengan kehendak sang pencipta.

Dalam buku ini pembahasannya mendalam, syarat makna. Dalam buku ini juga merupakan muhadarah, presentasi, dan komentar Rumi ketika membahas berbagai hal yang berhubungan dengan akhlak dan wawasan gneosisme (irfaniyah). Buku ini dikemas dengan bahasa yang indah, mudah dipahami dengan cerita-cerita dan perumpamaan-perumpamaan yang menawan.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »