Tebing Tinggi Kota Lemang, Kota Persinggahan

gambar by website kota Tebing Tinggi

Nah.. kali ini aku mahu cerita sedikit tentang kota kelahiranku. Yup..kota Tebing Tinggi, sekilas namanya tedengar seperti Bukit Tinggi-Sumatra Barat. Kota Tebing Tinggi ini berada di Sumatra Utara. Kota Tebing Tinggi ini sekitar 80km dari Kota Medan (Horas bah). Kalau di tempuh dengan kendaraan umum sekitar 2 jam dan letaknya di jalan lintas Sumatra(Jalinsum), kalau dari kota siantar juga sekitar 78km, dan dari Parapat (Danau Toba) sekitar 95km.

Jadi kota Tebing Tinggi sangat strategis letaknya karena berada di jalinsum. Jika dari Medan ke deSumatra Barat, Jakarta, Jawa akan melewati kota Tebing Tinggi dan sebaliknya. Kota Tebing Tinggi sangat sesuai untuk di jadikan kota persinggahan jika sehabis perjalanan jauh. Atau hanya sekedar jalan-jalan di kota Tebing Tinggi juga cukup nyaman dan ramai. Di sekitar pusat kota dan serimersing (alun-alun) banyak sekali orang-orang yang menjual makanan dan tak jauh dari serimesrsing juga terdapat taman kota sesuai untuk jalan-jalan sore membawa anak-anak. Dan kulineran di Tebing Tinggi juga tak kalah menariknya dengan kota-kota lain. Dan jangan heran jika melihat kantor pos Tebing Tinggi dari pagi hingga tengah malam terlihat ramai. Karena di belakang bangunan kantor pos di buat cafe-cafe tempat nongkrong anak muda. Dan jangan lupa untuk keliling kota Tebing Tinggi dengan becak motor (Betor).

gambar by google


Kota Tebing Tinggi sering di sebut kota lemang. Karena di pusat kota sekitaran simpang 4 depan mesjid raya kota Tebing Tinggi banyak sekali penjual lemang. Tak hanya di pusat kota saja tetapi di stasiun dan terminal-terminal juga banyak yang menjajakan lemang. Yang terkenal adalah lemang batok di makan dengan selai durian (nyammmiiiii.....jadi pengen pulang kampung).

Di Tebing Tinggi juga terkenal dengan kue kacangnya. Sekitar 2005 pengusaha kue kacang membuka pabrik kue kacang tersebut di kota Tebing Tinggi. Dan ternyata kue kacang tersebut cukup enak dan mendapat sambutan yang bagus. Dari situ hingga sekarang kue kacang tersebut juga menjadi salah satu oleh-oleh dari Tebing Tinggi. Kue kacang ini kalau di kota-kota lain dinamakan bakpia.

Jika agan-agan habis tour ke Danau Toba atau habis melakukan perjalanan dari Sumatra Barat, Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi tidak ada salahnya singgah di kota Lemang barang sejenak untuk melepas lelah. Dan warga kota Tebin Tinggi semuanya ramah-ramah, suka menolong dan rajin menabung (Eh...kayak yang nulis). :)

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. sama ya, dikampung say di Palangka Raya, ketan yang dimasak di bambu, juga dinamakan Lemang.

    BalasHapus
  2. Iya bearti di beberapa daerah nama nya juga sama ya. Tapi, di daerah lain ada yang beda nama juga. ^_^

    BalasHapus