8 Kuliner Yang Wajib Di Coba Ketika Berada Di Malaysia

Jika anda sedang jalan-jalan atau backpacker ke negara yang memiliki icon dengan menara kembarnya yang menjulang tinggi dan terkenal dengan animasi upin-ipin. Pastinya kurang afdol kalau jalan-jalan tidak mencicipi kulinernya, karena jalan-jalan serta kulineran sudah satu paket yang tak akan terpisahkan. Kan bak kata pepatah lain lubuk lain ikannya, begitu juga lain negara, lain kulinernya.

Ini kuliner yang wajib anda coba ketika berada di Malaysia..lets go...


Nasi Lemak


gambar by google


Makanan satu ini sudah seperti makanan wajib untuk orang-orang Malaysia. Kalau di Malaysia bungkusan nasi lemaknya seperti nasi kucing di Solo atau di Jogja. Dengan porsi yang tidak terlalu banyak dengan potongan telur rebus yang di bagi 4 serta sambal ikan teri. Nasi lemak banyak di jumpai di mana-mana, tempatpenjual sarapan pagi pinggir jalan, kedai mamak (kedai makan india muslim) dan bahkan di restoran besar juga menjual nasi lemak. Dan harganya berfariasi tergantung lauk yang kita pilih.

Laksa 

gambar by google

Laksa merupakan makanan yang berkuah. Dengan mie khasnya yang besar dari mie-mie biasa pada umumnya dan bewarna putih. Dan kuah laksa sendiri rasanya asam dan bahan utamanya dari ikan sardin yang di kisar atau dibelender. Rasanya begitu khas, untuk yang pertama kali makan pasti merasakan bau amis ikan terasa kuat. Tetapi rasanya cukup enak dengan taburan cabai mentah yang dipotong-potong daun mint, irisan bawang, serta timun.

Nasi Kerabu 

gambar by google


Nasi kerabu makanan khas dari klantan yang warna nasinya sangat khas yaitu warna biru. Dengan lauk telur masin, ikan goreng tepung, serundeng, solok (cabai besar yang di isi dengan kelapa lalu di kukus), sambal serta budu di tambah sayuran mentah yang di iris-iris (kacang panjang, daun bawang, daun sup, tauge, kubis).

Canai
gambar by google


Canai makanan khas india yang terbuat dari tepung yang di buat pipih dan nipis, selalu di makan dengan kuah kari atau sambal. Canai ini biasanya sangat mudah di dapatkan, di setiap kedai mamak dan kedai makan melayu biasanya juga banyak juga yang menyediakan. Dan biasanya makan canai selalu bersanding dengan teh tarik.

Pasembur


gambar by google


Pasembur adalah salad india Malaysia yang isinya, irisan timun, cucur udang, fish ball, ketam, tahu toge, kentang rebus dengan kuah kacang yang di kasih rempah-rempah. Pasembur yang paling terkenal yaitu pasembur di Pulau Pinang.

Laksam


gambar by google


Namanya hampir sama dengan laksa tetapi rasanya berbeda, laksam makanan khas trengganu yang terbuat dari tepung beras yang di makan dengan kuah yang kental. Untuk makan laksam tidak harus ke Trengganu, biasanya di kedai-kedai makan melayu juga tersedia.

Mie Kari


gambar by google


Mie kari merupakan mie yang di siram kuah kari. Mungkin sudah biasa kita makan ie kari tetapi mie kari di Malaysia sedikit berbeda karena kuah kari yang di sajikan mengandung rempah yang sangat khas di lidah.

Tom Yam
gambar by google


Tom yam merupakan makanan khas dari Negara Thailan yang rasanya asam, manis, pedas. Tetapi, tom yam sangat banyak di jumpai. Banyak kedai tom yam yang buka malam hari, dan kedai tom yam yang buka kebanyakannya mengambil tukang masak langsung dari Thailand jadi cita rasa tom yam yang di sajikan hampir sama dengan negara asalnya.


Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Meski belum pernah ke negeri jiran, saya udah menicipi kulienernya yang khas. Hanya dua kuliner Pasembur dan laksam yang belum tahu rasanya.

    Salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  2. wah...nyicipi di Indonesia ya, mba. Iya sih di Indonesia sendiri sudah banyak restoran2 malaysia yang buka di Indonesia. Tapi, rasanya mungkin sdkit berbeda heheh. Nah.. harus nyobain laksam dan pasembur ni mba biar lengkap heheheh.

    salam kenal juga mba, trimaksih sudah mampir di blog saya.

    BalasHapus
  3. Saya pernah ke Malaysia, belu pernah makan Pasembur dan Nasi kerabu

    BalasHapus