Andai Ramadhan Tak Pernah Ada











Alhamdulillah tinggal hitungan jari Ramadhan akan menghampiri umat muslim di seluruh penjuru dunia. Beruntung dan suatu kebanggaan bagi umat muslim di dunia karena Allah SWT menghadirkan bulan yang penuh kemuliaan,yaitu bulan yang di dalamnya penuh kebaikan dan pelipat gandaan pahala untuk yang menghendaki kebaikan. Setiap doa-doa akan di kabulkan, pintu-pintu syurga akan di buka dan setan-setan akan di belenggu. Seperti sabda Rasuullah SAW
" Pada suatu hari aku berada di sisi Utbah Bin Farqad dia lagi menceritakan hal tentang ramadhan, maka datanglah kepada kami seseorang sahabat Rasul. Setelah orang itu dilihat oleh Utbah, diapun mrasa takut lalu berdiam diri. Maka orang itu menceritakan hal Ramadhan, katanya mendengar Rasulullah SAW berkata : "Di dalam bulan suci Ramadhan segala pintu neraka, dibuka segala pintu syurga dn dibelenggu segala syaitan. Berkata nabi lagi "Seorang malaikat berseru: "Wadan wahai manusia yang menghendaki kebajikan bergembiralah kamu dan orang yang menghentikan kejahata tahanlah dirimu. " Malaikat terus menerus berseru, sehingga habis bulan Ramadhan(Riwayat Ahmad dan An-Nasai)
Ramadhan bulan pengampunan, bagi pendosa ini adalah momen untuk memanjatkan doa sebanyakbanyaknya, berbuat amal sebesar-besarnya, banyak melakukan ibadah serta banyak bermunajat kepada Allah SWT. Ramadhan juga bulan yang terpilih untuk melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.Sehingga semua umat muslim di dunia mampu dan dapat merasakan penderitaan fakir miskin serta anak-anak yatim dan orang-orang yang kurang beruntung bagaimana merekaa menahan lapar dan dahaga sepanjang hari. 
Ramadhan bulan yang dipilih untuk sholat tarawih pada malamnya. Sholat tarawih hanya boleh dilakukan saat bulan ramadhan saja dan sholat tarawih mempunyai kelebihan yang tersendiri. Selama ramadhan sholat tarawih di sunatkan untuk sholat berjamaah.
Bulan yang dipilih oleh Allah SWT diadakan satu malam yang sangat tinggi nilainya yaitu malam "Lailatul Qadar" 
Bulan yang dipilih untuk membanyakan ibadah seperti membaca Al Quran karena di bulan Ramadhan ada malam nuzulul Quran (turunnya Al Quran) pada 17 Ramadhan yang di sambut setiap tahun sebagai memperingati kesempurnaan Al Quran. 
Mendapat perhatian, keutamaan dan ganjaran dari Allah SWT. Sabda Rasululllah SAW bermaksud :
"Telah diberikan kepada umatku dibulan ramadhan 5 perkara, yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi sebelumku"
  1. Dipermulaan bulan Ramadhan Allah melihat kepda para umatku. Barangsiapa Allah melihat kepadanya, niscaya tidak di aazab selama-lamanya.
  2. Bau mulut orang puasa di petang hari lebih wangi di sisi Allah dari bau kasturi.
  3.  Para malaikat memohon ampun untuk mereka di siang hari dan malam.
  4. Allah menyuruh kepada syurganya serta brkata kepadanya " Bersiaplah dan berhiaslah kamu untuk hamba-hamba-Ku. Mereka hampir beristirahat dari kesusahan dunia menuju ke negeri-Ku dan kemuliaan-Ku.
  5. Pada akhir malam bulan Ramadhan, Allah mengampuni dosa mereka, "Seorang sahabat bertanya; "Apa itu Lailatul Qadar', Nabi menjawab "Apakah engkau tidak melihat kepada pekerja-pekerja yang bekerja. Apabila mereka selesai dari pekerjaan mereka, niscaya disempurnakanlah upah-upah mereka. (Riwayat: Ahmad, Al Bazzar, Al Baihaqi dari Zabir). 

Dan masih banyak lagi keistimewaan di bulan ramadhan. Jadi tidak heran jika para sahabat dan salafusholeh begitu merindukan bulan-bulan ramadhan. Kalau kita tahu, kita juga akan selalu menunggu-nunggu bulan ramadhan ini.

Andai Ramadhan  tak pernah ada
Para pendosa tetap menjadi orang yang bergelimang dosa. Tidak ada introfeksi diri, tidak pernah merasakan malam seribu bulan, tidak pernah mendapat keistimewaan seperti bulan Ramadhan sehingga hidup manusia hanya begitu-begitu saja tidak ada waktu untuk memotivasi diri agar menjadi insan yang lebih baik. Dan tentunya setiap bulannya akan terasa monoton tampa ada keistimewaan yang begitu banyak di berikan Allah SWT saat bulan ramadhan tiba. 



Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Tulisan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Mantaaappp...!!!

    Selamat menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus