Ketika Kegalauan Melanda

Banyak manusia yang sering di landa galau tampa alasan yang jelas. Terkadang saya sendiri juga mengalaminya. Ntah apa yang ada dipikiran saya kadang kala membuat saya setres tampa alasan. Bahkan sesuatu yang tidak perlu saya pikirkan tapi saya pikirkan. Kadang juga ada saja orang-orang yang buat perasaan dan pikiran kita jadi terganggu padahal itu tidak perlu di pikirkan.
Kalau kita baca isi Al Quran dan kita tadaburi isinya, dsana setiap masalah manusia sudah ada jawabannya. Tetapi, terkadang kita yang enggan dekat bahkan untuk sekedar membukanya saja tidak mau. Dalam Al Quran begitu lengkapnya obat segala penyakit, bahkan yang tidak pernah terpikir oleh kita di sana ada ilmu pengetahuan yang luar biasa.

"Sesunghuhnya manusia diciptakan dengan sifat berkeluh kesah lagi kikir"(Qs. Al Ma'aruf:11) 
Tetapi Allah yang maha sempurna menjawab semua keluh kesah manusia. Tinggal manusianya saja yang tidak ingin tahu atau sama sekali tidak mau tahu jawabannya. Membiarkan maslahnya tetap menjadi masalah yang tiada ujungnya.
Dan ketika manusia berkeluh kesah "Ya, Allah aku tak sanggup dengan ujian yang kau timpahkan kepadaku"
Dan Allah menjawabnya dengan jelas dalam Al quran bahwasannya Allah tidak akan membebani umatnya dengan masalah yang tidak dapat di tanggung oleh umatnya seperti yang tertulis dalam Qs Al Baqarah: 286 
"Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya"
Bahkan terkadang kita sering putus asa, tidak yakin atas kekuasaan Allah. Dan bahkan kita sering menduakan Allah. Berkeluh kesah dan tidak percaya bahwa Allah tidak akan memberi atau mengabulkan doa-doa kita. Beranggapan apa yang kita pinta tidak akan dapat terwujud. Dalam Qs Yasin: 82 Allah menjawabnya
"Jika aku menghendaki cukup aku berkata'jadi' maka 'jadilah"
Dan sering pula kita setres tampa sebab yang jelas, hati merasa was-was bahkan tidak tenang ada saja perasaan yang mengganggu. Ternyata Allah juga sudah menyediakan jawabannya dalam Qs Ar Rad: 28 yang isinya "Hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang"

Jika manusia dalam kesedihan hati bahkan Allah sudah menghibur kita dalam, menguatkan hati kita bahwasannya Allah tidak akan pernah meninggalkan kita sekalipun orang di sekeliling kita menjauhi kita. Dalam Qs At Taubah: 40
" Janganlah kamu berduka cita sesungguhnya Allah beserta kita"
Dalam hidup ini setiap kebaikan tidak ada yang sia-sia jika orang lain  tidak pernah menilai atau menghargai kebaikan kita karena Allah telah memberi ganjaran setiap kebaikan kita.
" Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzahra, niscaya Allah akan melihat balasannya "(Qs Al Zalzalah:7)
Seberapa banyak pun masalah yang kita alami sehari-hari mengadulah pada Allah. Allah tidak pernah tidur dan Allah tidak pernah tutup telinga atas segala keluh kesah yang kita utarakan kepadaNya.Karena Allah sebaik-baik penolong dan tempat bergantung.
"Sesungguhnya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku" (Qs Yusuf : 86) 
 "Berdoalah kepada-Ku. Niscaya aku kabulkan untukmu"(Qs Al Mumin:60) 
Allah tak pernah ingkar janji, setiap kita berdoa ada kekuatan dan keyakinan bahwa Allah akan mengabulkannya. Sehingga berdoalah yang baik-baik nisvaya Allah akan memberi kebaikan kepada kita. Doa juga merupakan senjata terbesar orang mukmin.
 

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »