Negeri Seribu Surau


Lombok sering disebut dengan tempat seribu mesjid. Kali ini aku ingin menceritakan negeri seribu surau. Apa sih beda mesjid dan surau?. Mas Wiki menjawab "Mesjid adalah tempat ibadah umat Islam yang bangunannya cukup besar, sedangkan surau juga memiliki fungsi yang sama dengan mesjid. Tetapi, surau ukurannya lebih kecil dan tidak dapat dijadikan tempat sholat jumat ataupun ied."

Nah, di mana sih negeri seribu surau itu?. Negeri seribu surau itu ada di Malaysia, meskipun Malaysia juga banyak mesjid-mesjid besar yang indah sebagai simbol negara islam. Tetapi, suraunya juga banyak. Jika, kita berjalan-jalan di Malaysia, tidak akan bingung untuk melakukan ibadah. Misal dalam perjalanan menaiki LRT, KTM,monorel atau bus, maka disetiap stasiun-stasiun atau terminal akan ada surau meskipun kadang ukurannya cukup kecil untuk 1-3 orang, Sehingga kita tidak usah bingung untuk mencari-cari mesjid untuk melaksanakan ibadah wajib.

Bahkan disetiap perhentian R & R di jalan tol juga disediakan surau dan toilet untuk para penumpang bus atau pengendara yang ingin melakukan ibadah, begitu juga disetiap depot pengisian bbm pasti ada surau yang layak untuk ibadah. Hampir semua surau yang aku singgahi, semuanya cukup bersih, rapi, disediakan perlengkapan sholat seperti telekung antara surau laki-laki dan perempuan selalu terpisah sehingga membuat lebih nyaman.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

17 Comments

  1. bossku orang malasya mbak
    pernah nanya jadi surau kami dimana kalau sholat di PT..meski beliau agamanya hindu

    mungkin itu dia bilang suarau, karena di sana banyak surau ya

    BalasHapus
  2. Iya mba. Di sini bnyk bgt surau sekecil apapun kntor pasti ada suraunya kalau pkerjanya Ada yg Muslim. Bhkan di pasar jg disediakan surau yg layak

    BalasHapus
  3. Wah...aku jadi ingat waktu ke daerah Padang Panjang. Setiap berapa rumah menemukan surau. Menyenangkan.

    BalasHapus
  4. Kalau di padang sendiri surau sdh dikenal sejak jaman penjajahan dlu, Mba. Dulu kalau di padang, mesjid dan surau selalu bersebelahan dan surau di fungsikan sbg ruangan bljr anak2 masa itu atau klo skrng mngkn namanya madrasah.

    Dan emang di padang bnyak mesjid dan surau.

    BalasHapus
  5. Wah aku jadi pengen ke Malaysia....

    BalasHapus
  6. Pasti teduh bgt klo banyak surau, ga perlu buru2 pulang biar ga ketinggalan solar 5 waktu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi kalau lg di stasiun nggk ribet jg cari tmpat utk sholat

      Hapus
  7. Wah pengen jalan-jalan ke sna ya mbak. Kalau di Indonesia mencari tempat sholat apalagi di tempat-tempat wisata agak susah. Walaupun ada juga gak terawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih klo tmpat kita fasilitas umumnya kurang terawat

      Hapus
  8. Beneran dihitung mba jumlahnya ada seribu . jangan2 hanya 999 lagi hehe

    BalasHapus
  9. Surau kalau di kampung saya mungkin Langgar ya??

    BalasHapus
  10. Surau kalau di kampung saya mungkin Langgar ya??

    BalasHapus