4 Cara Agar Percaya Diri Dalam Mempublikasikan Tulisan

Dokume pribadi


Apakah teman-teman pernah merasa khawatir atau kurang percaya diri dalam mempublikasikan tulisan?. Hal semacam ini sebenarnya banyak dialami oleh para penulis pemula. Ada juga penulis yang sudah cukup lama ngeblog atau nulis di media sosial, namun berhenti dengan waktu yang lama. Ketika hendak menulis lagi dan ingin mempublikasikannya rasa kurang percaya diri itu tumbuh. Pada akhirnya hanya tersimpan di folder pribadi. 

Sebenarnya hal ini terlihat biasa, namun tidak dapat dibiarkan begitu saja. Rasa percaya diri harus ditumbuhkan agar tulisan-tulisan yang sudah kita tulisan dapat dibaca banyak orang. Serta manfaat di dalamnya dapat menjadi tambahan ilmu bagi yang membacanya. Jika kepercayaan itu tidak ditumbuhkan maka seperti halnya ingin berperang namun sudah nyerah dahulu sebelum berperang. 

Dalam menulis itu prinsipnya tidak ada gading yang tak retak begitupun tulisan. Karena kita tidak memaksa pembaca untuk suka sama tulisan kita. Tetapi kita memaksa menulis untuk memberi sesuatu yang bermanfaat. Walau tidak semua setuju dengan apa yang kita tulis. Karena ketika ada reaksi dari pembaca apapun bentuknya, itu salah satu standard bahwa tulisan kita masih ada yang membaca. Sekalipun bersebrangan. 

Ini ada 4 cara agar percaya diri dalam mempublikasikan tulisan. Sebenernya sudah pada tahu, mungkin teman-teman lupa. 

1. Membaca
Untuk menjadi penulis yang kaya ide dan gagasan haruslah rajin membaca. Karena dari membaca salah satu mendapatkan ide. Dan tulisan kita akan terlihat berisi dan tulisan yang dihasilkan tidak terlihat asal-asalan. Karena kualitas seorang penulis biasanya terlihat dari literatur bacaannya. 

2. Berlatih Menulis
Setelah membaca cara selanjutnya adalah berlatih menulis. Untuk seorang penulis outputnya adalah menghasilkan tulisan. Bukan sekedar angan-angan. Latihan menulis ini bisa dimulai dengan latihan Free writing (menulis bebas) setiap hari.

Baca Juga : 5 Alasan Penyebab Writer Block

3. Ikut Kelas Penulisan
Nah, ini bagian yang penting juga. Ikut dalam kelas-kelas penulisan adalah sebagai moodboster bagi kita. Karena ini di dalam group penulisan pastinya kita disatukan dengan teman-teman yang punya semangat untuk menulis. Dari sini kita akan merasa punya teman yang banyak untuk saling menyemangati. 

4. Tantang Diri Sendiri
Sesekali menantang diri sendiri perlu banget. Karena ketika menantang diri sendiri harus komitmen. Seperti halnya tantangannya setiap hari harus mempublikasikan tulisan di media sosial. Dan tentunya anti kritik ketika ada pembaca yang mengkritik tulisan kita. Karena kritikan positif adalah vitamin buat kemajuan tulisan. Penulis-penulis hebat nasional dan dunia mereka bisa sukses karena kritikan dan penolakan. Contohnya seperti J.K Rolling, dulu karyanya yang berjudul Harry Potter ditolak oleh penerbit. Namun karena beliau yakin dengan karyanya tidak pernah menyerah hingga akhirnya J.K Rolling menjadi penulis terkenal.  

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments