Merawat Nusantara


Berbicara Indonesia, bearti berbicara Nusantara. Wilayah Nusantara ini terbentang dari Sumatra hingga Papua. Sungguh besar sekali negara Indonesia. Dari negara kepulauan atau maritim, berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Banyak agama dan ras. Tidak sekedar itu saja Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) juga melimpah. Dan ada lagi Nusantara adalah surganya kuliner. 

Dari 33 provinsi. Beribu macam suku di Indonesia. Dan bisa jadi dari setiap daerah atau dari setiap suku beragam kuliner yang dihasilkan. Walau seringkali ada beberapa yang sama tetapi penamaannya berbeda. Ini sungguh luar biasa sekali. Dan beberapa keseniannya juga begitu. Beragam kesenian, adat dan tradisi. Yang membuat semakin keberagaman Nusantara. Bahkan hal demikian seringkali membuat cemburu para negara tetangga. Tidak jarang pula keberagaman di Nusantara menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. 

Adanya keberagaman Indonesia mulai dari agama, kuliner, kesenian, jejeran pulau-pulau. Harus kita rawat bersama. Kita jaga bersama. Perbedaan menjadi indah ketika saling menghorbati satu sama lain. Kesenian dan kekayaan alam nusantara merupakan harta bagi Indonesia. Jangan sampai semua itu dicuri dengan mudahnya dengan negara-negara yang tidak suka dengan Nusantara. 

Semisalnya seringkali terjadi klaim mengklaim oleh negara tetangga Malaysia. Dari kepulauan, kuliner serta keseniannya. Ketika mereka mengklaim kita baru teriak lantang sok jago. Padahal ketika belum diklaim kita santai saja. Tidak pernah inging tahu tentang Indonesia. Jadi, keragaman nusantara sebelum diklaim negara ain mari kata jaga bersama. Agar keoriginalan Indonedesia tetap terjaga.

#day8
#penajuara
#ramadhanberkisah
#nusantara

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »