Ayam Goreng Kunyit Ala Dedew

Dokpri Dewie Dean ma



Hahai... sudah weekend lagi. Kalau weekend, ngumpul bareng keluarga enaknya ngapain ya?.  Nah, bagi ibu rumah tangga atau kakak-kakak yang lagi liburan enak ni kalau bereksperimen di dapur. Menyuguhkan sesuatu untuk keluarga atau diri sendiri dengan air tangan sendiri pasti lebih terasa nikmat. Nah, chef Dedew (chef masak untuk memenuhi perut sendiri) mau bagi resep ayam goreng kunyit. Yah...terlalu biasa ya resepnya?. Tapi, bagi sebagian orang yang biasa akan jadi luar biasa jika disuguhkan dengan cinta. Eaaaaa....asikk... 😂

Bahan

1. Dada Ayam
2. Kunyit bubuk/ kunyit hidup 1cm
3. Bawang merah besar/ bawang bombai 2 siung
4. Bawang putih 2 siung
5. Cabai merah besar 3 biji
6. Cabai hijau 2 biji
6. Daun jeruk purut 2 lembar
7. Jahe
8. Kacang panjang /kacang buncis 5 biji
9. Wortel 1/2 batang
10. Gula
11. Garam
12. Minyak goreng
13. Air
13. Saus tiram 1 sendok makan

Cara memasak
1.Dada ayam cuci bersih lalu dipotong dadu. Setelah itu lumuri dengan kunyit serbuk atau kunyit yang sudah dihaluskan dan beri sedikit garam. Biarkan selama 5 menit.

2. Sambil menunggu ayan yang telah dilimuri siapkan bahan-bahan yang akan diiris-Iris. Bawang merah besar di Iris, cabai merah dan cabai hijau di Iris, bawang putih di geprek, have di geprek. Campurkan dalam 1 wadah dan cuci. (Cabai bisa ditambah sesuai selera)

3. cuci terlebih dahulu wortel dan kacang panjang atau buncis. Potong kacang panjang sesuai selera, Iris wortel memanjang seperti korek api. (Biasanya bisa ditambah bunga kol).

Cara memasak

Panaskan minyak goreng secukupnya. Ayam yang sudah dilumuri kunyit dan garam digoreng setengah matang. Setelah itu angkat dan tiriskan. Kemudian tumis cabai, bawang, bawang putih, jahe hingga harum. Masukan saus tiram 1 sendok makan dan masukan daun jeruk purut yang sudah dibuang tulangnya. Beri sedikit air.  Biarkan beberapa saat api dalam keadaan sedang. Tunggu air sedikit mendidih masukan ayam yang sudah digoreng. Gaul hingga rata masukan gula dan garam secukupnya. Lalu masukan sayur kacang buncis dan wortel yang sudah dipotong. Aduk-aduk dan biarkan air mengering.  Setelah itu angkat dan sajaikan.


*selamat mencoba*

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments