Menikmati Nasi Padang Dari Dapur Sendiri


dokpri


Kalau dengar masakan Padang atau rumah makan Padang pasti yang terpikir adalah menu rendangnya. Siapa yang nggak tau kelejatan rendang padang yang begitu nikmat terasa di Indra prasa kita. Rasanya yang khas membuat lidah tak akan bohong. Tapi, masakan atau menu rumah makan padang tidak hanya sekedar rendang. Ada banyak berbagai macam menu. Dari rendang, kalio, gulai tunjang, gulai ikan mayung, gulai ayam, ayam goreng, telur dadar dan paling dicari adalah sambalnnya yang ekstra hot sampai telinga berasap. 

Kalau saya pribadi, ketika makan atau beli nasi padang menu yang paling utama saya pilih adalah nasi, gulai ayam/ kalio ayam plus sambal hijau. Antara gulai dan kalio selalunya saya pilih kalio. Karena kuah dari kalio lebih kental daripada gulai. Nah, daripada ngerogo kocek untuk beli nasi padang ke rumah makan padang kita bisa menyajikannya dari dapur kita sendiri. Apalagi selama merantau di Negeri Siti Nurhaliza, di daerah tempat saya tinggal jarang banget ada rumah makan padang. Jadi, kalau lagi kangen saya harus masak sendiri hitung-hitung bereksperimen dan ngumpulin ilmu untuk meyakinkan mertua kalau anaknya nggak bakal terlantar makannya ketika hidup bersama istrinya. Eaaaa mulai baper... hahaha 


Langsung saja kita ke resep membuat kalio, sambal hijau dan rebusan daun ubi (pucuak paranci). Ketiga menu ini adalah satu packet yang tidak boleh dipisahkan. 

Bahan membuat ayam kalio 

1. Ayam 1/2 ekor
2. Serai 1 batang geprek
3. Daun jeruk 2 lembar
4. Minyak goreng 3 sendok
5. Daun kunyit di simpul 
6. Santan 1/2 liter (biasa dari sebutir kelapa parut)
7. Gula & garam secukupnya 
8. Merica bubuk 1 sendok teh 
9. Kentang 3 buah setiap 1buah di potong 4

Bahan yang dihaluskan
1. Bawang merah 5 siung
2. Bawang putih 2 siung 
3. Cabai merah besar 2 buah
4. jahe 2cm
5. Kunyit 2 cm
6. Kemiri 3 buah
7. Cabai kering yang telah digiling 2 sendok (kalau tak pakai juga ndak apa )

Cara memasak
1. Panaskan minyak, kemudian masukan bumbu yang telah dihaluskan, masukan daun kunyit, serai, daun jeruk. Tumis hingga bumbu berbau wangi. 

2. Setelah itu masukan ayam. Masak hingga ayam setengah masak.

3. Kemudian masuk santan kelapa. Masukan masukan kentang, Aduk terus hingga masak dengan api kecil.

4. Masukan gula, garam dan merica bubuk. Setelah itu di cicipi

5. Setelah masak hidangkan dan beri taburan bawang merah goreng.

Cara membuat sambal hijau 
1. Cabai hijau 15 buah 
2. Bawang merah 5 siung 
3. Bawang putih 3 siung 
4. Tomat hijau besar 1 buah 
5. Gula dan garam secukupnya 
6. Minyak goreng 3 sendok 

Cara membuat 
Bersihkan semua cabai, bawang merah, bawang putih. Bawang merah yang sudah dibersihkan di potong dua. Lalu kesemua bahan direbus. Setelah masak ditiriskan dan giling diberi gula dan garam secukupnya. lalu panaskan minyak dan goreng sebentar jangan lama-lama. Setelah itu angakat. 

Rebusan pucuak parancih (daun ubi )

Bahan:  
1. Daun ubi 1 ikat 
2. Sejumput garam

Cara memasak
Bersihkan daun ubi dari batang-batangnya. Lalu cuci bersih. Sediakan air untuk rebusan dan beri sedikit garam. Setelah mendidih masukan daun ubi jangan rebus terlalu lama nanti daun ubi akan berubah menjadi kemerahan. Setelah itu angakt dalam wadah. 

Kalio- sambal hijau dan pucuak paranci siap dihidangkan. 



*Selamat mencoba*

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments