7 Manfaat Daun Kucai

By: google (daun kucai)


Kemarin aku pengen banget masak sayur tumis TTK ( Tahu, toge, kucai). Jadi, pulang kerja langsung mampir belanja ke warung dekat flat. Membeli segala bahan yang diperlukan.

Sampai di asrama, semua bahan-bahan yang aku beli siap dieksekusi untuk dijadikan sayur. Sebelum memotong semua bahan-bahan, aku searching di tempat mbah Google untuk mencari tau apa manfaat daun kucai. Daun kucai dengan nama latin Allium Tuberosum ternyata manfaatnya sangat banyak dan sangat bagus sekali untuk di konsumsi.

Menurunkan tekanan darah dan kolestrol.
Kucai mengandung allicin, sama seperti bawang putih dan daun bawang. Allicin dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk menghilangkan bakyeri dan jamur dalam saluran usus.

Mencegah sembelit.
Kucai kaya akan serat makanan yang dapat membantu mempelancar pencernaan. Fiber yang terdapat dalam kucai mampu menghilangkan sembelit.

Menurunkan berat badan.
Kucai bermanfaat untuk menurunkan berat badan, makanan ini banyak dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Kucai sarat dengan antioksidan, serat, vitamin, kalsium dan mineral. Yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi masalah kulit
Kucai memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk mengatasi infeksi kulit. Gunakan kucai saat memakai lotion, scrab dan luka. Kucai juga dapat membunuh bakteri dan jamur saat kulit Anda mengalami memar.

Membantu mencegah jerawat
Beta karoten yang terdapat dalam daun bawang bermanfaat untuk membersihkan kulit, sehingga kulit terbebas dari jerawat. Asupan periodik kucai dapat mempercerah kulit.


Mencegah kanker
Flavonoid dan sulfur yang terdapat dalam kucai dapat mencegah beberapa jenis kanker. . Seperti, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker perut. Kucai dapat melawan radikan bebas dan mencegah perkembangan kanker.

Mencegah rambut rusak
Daun kucai dapat memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Kucai digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut, karena dikenal untuk menghentikan rambut rontok

Siapa yang menyangka ternyata di balik sayur yang terlihat biasa saja, ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat berguna untuk kehidupan kita, Jadi mulai sekarang mari kita mencoba untuk mengkomsumsi lebih sering bawang Kucai ini.






Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. waahh banyak banget manfaatnya ternyata ya mbak.. ntar coba ku cari di pasar ada nggak ya?

    BalasHapus
  2. Kalau di sini daun kucai banyak dijmpai di pasar traditional,mba

    BalasHapus