Taucho Medan Yang Membuat Air Liur Meleleh

gambar dokpri hasil eksperimen Di dapur asrama


Kata pepatah lain lubuk lain ikannya, lain padang lain ilalang. Begitu juga soal kuliner, lain daerah lain kulinernya. Karena aku pujakesuma(putri jawa kelahiran Sumatra) jadi soal makanan rasanya lidahku sudah sebati dengan kuliner Medan. Kalau di Medan masakan gaucho ikan merupakan masakan yang banyan di gemari masyarakat. Nah, taucho Medan ini lain loh dengan gaucho Padang. Kalau taucho Padang berupa sayur-sayuran seperti buncis, memakai santan Dan dibkasih taucho biasanya gaucho Padang dimakan dengan lontong.

Bukannya aku jago masak tapi aku suka mencoba bereksperimen berbagai macam menu di dapur asrama. Aku pengen berbagi resep ikan taucho Medan. Siap-siap praktekan ya. 😀

 Bahan
1. Ikan mujair/ikan talapia 5 ekor
2. Terong telunjuk ekor 5 buah
3. Cabai hijau tali 200gr
4. Cabai rawit 10 buah
5. Bawang merah 10 siung
6. Bawang putih 3 siung
7. Tomat 1 buah besar
8. Taucho 1 bungkus
9. Jahe 1 inc
10. Daun salam 2lembar
11. Gula Dan garam secukupnya

Bahan yang di potong Dan dihaluskan
Cabai rawit, bawang merah 4 siung Dan baqng putih 2 siung di haluskan. Cabai hijau tali, Bawang merah, Dan Bawang putih yang tidak di haluskan di potong-potong. Dan Terong telunjuk di potong seeing menjadi 2 bagian.

Cara memasak
1. Ikan talapia Yang sudah di bersihkan Dan Di lumuri garam dan jeruk nipis Di goreng kering
2. Selesai menggoreng tumis Cabai hijau Dan bawang Yang sudah di potong/dirajang. Tumis hingga layu dan wangi. Setelah itu masukan cabai rawit yang sudah di haluskan. Tumis hingga masak tambahkan jahe, daun salam, taucho Dan beri sedikit air Dan masukan potongan Terong telunjuk. Biarkan beberapa saat hingga air mendidih. Setelah itu masukan hula Dan garam secukupnya. Kira-kira rasa sudah pas Di lidah masukan ikan yang telah di goreng. Gaul hingga bumbu taucho merata. Dan letakan ikan dalam piring saji siap di santap.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Laaaaapooooorrr... Laaaapaaaarrr... kirimin kk.. ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kirim via Bluetooth, bbm atau Whatsapp, Kak? Hahaha

      Hapus
  2. Pengeen dimasakin teh dew. Hihi

    BalasHapus
  3. Kalau kemari nnti saya masakin,aa

    BalasHapus