Kota Tebing Tinggi Kotanya Lemang

Tugu selamat datang Tebing Tinggi


Kali ini aku ingin cerita tentang kota  kelahiranku. Siapa yang tahu kota Tebing Tinggi? Bukan Bukit Tinggi ya tapi Tebing Tinggi. Ya, aku lahir di kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara. Kota Tebing Tinggi ini berada 80km dari kota Medan. Sekitar dua jam dari kota medan. Dan kota Tebing Tinggi di kenal juga sebagai kota persinggahan karena kota Tebinggi Tinggi berada di jalan lintas Sumatra (Jalinsum). Di kota Tebing Tinggi juga di kenal dengan kota lemang. Di sebut kota lemang karena di Kota ini banyak banget orang yang menjual lemang. Kalau teman-teman singgah ke kotaku ini dan berhenti di stasiun atau pun terminal bus pasti akan melihat banyak orang menjajakan lemang. Kalau mau membeli lemang batok asli juga bisa datang langsung ke pusat kota Tebing Tinggi, tepatnya depan mesjid raya Tebing Tinggi. Di sana sepanjang jalan akan terlihat gerobak-gerobak kecil yang bertulisan ” Lemang batok ASLI Tebing Tinggi”.


Di tengah kota Tebing Tinggi, tepatnya di tanah lapang srimersing ada satu tugu besar yang sangat bersejarah bagi warga kota dan sekitarnya. Nama tugu tersebut tugu 13 desember. Tugu 13 desember adalah tugu bersejarah buat warga kota Tebing Tinggi. Tugu yang merupakan lambang hari berdarah Tebing tinggi pada 13 desember 1945. Kota Tebing Tinggi bukan kota yang besar. Tetapi penduduknya cukup padat.

Untuk kulinernya kota Tebing Tinggi tidak kalah menarik seperti kota lainnya. Setiap malam di kota Tebing Tinggi banyak menyediakan makanan. Di sepanjang jalan Thamrin sekitar jam 5 sore hingga larut malam akan di penuhi para peniaga makanan, dari jualan sate padang, putu bambu, martabak, bakso, dan aneka makanan . Dan jangan lupa kalau singgah ke Tebiggi Tinggi beli oleh-oleh roti kacang rajawali yang sudah terkenal.

Oia ni kalau teman-teman jalan-jalan ke Tebing Tinggi, kalau sudah capek jalan teman-teman bisa berkeliling kota Tebing Tinggi naik becak motor (betor). Betor ini banyak sekali di temui di Tebing Tinggi, sambil di atas betor bisa menikmati kota Tebing Tinggi dengan nyaman. Kalau di lihat tidak ada yang spesial di kota kecil ini tapi kota ini kota yang sangat menyenangkan. Dan pemerintah kota juga sudah membangun taman bunga sebagai taman hijau, kalau sore hari atau week end mau joging ke taman bunga ini sangat nyaman.

kalau teman-teman liburan ke kota Medan jangan lupa singgah di kota kelahiranku Tebing Tinggi Deli.








Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 Comments

  1. Aaaaah suatu saat pengen ke tebing tinggi, kota lemang. Hehe

    BalasHapus
  2. Datang aa. Singgah ke rumah hehehe

    BalasHapus
  3. Datang aa. Singgah ke rumah hehehe

    BalasHapus
  4. Wuich ... besok kl saya dikirim ke pabrik saya di Siantar, mampir ahhhh

    BalasHapus