Dendeng Balado Penggugah Selera

Foto: Dokumen pribadi
Dendeng balado 


Di Indonesia merupakan tempat surganya kuliner. Setiap daerah atau provinsi pasti punya makanan khas da makanan khasnya itu tidak hanya satu jenis tetapi banyak jenisnya. Ngomongi dendeng balado pasti sudah tahu lah ya. Dendeng balado makanan berasal dari Sumatra Barat dan Sumatra Barat terkenal dengan lado nyo (sambalnya).

Sebagai perantau yang merantau  ke lain negara makanan nusantara merupakan makanan yang selalu di kangeni. Bukannya di Malaysia nggak ada makanan Indonesia , tetapi untuk mencari makanan Indonesia harus ke rumah makan Indonesia biar rasanya bener-bener seperti di Indonesia. Untuk menyiasati agar bisa makan makanan nusantara harus masak sendiri. Nah masalah masak memasak ini sebenarnya aku itu kurang pandai. Dulu waktu masih sekolah mau sarapan sudah siap, mau makan siang sudah tersedia. Jadi, yang namanya masak itu jarang sekali karena selalu ibu sudah masak. Yang bingung saat pertama kali merantau, jauh lagi merantaunya jadi mau nggak mau harus masak sebagai penghematan juga dan lidah juga yang belum bersahabat dengan masakan Malaysia. Di asrama dalam satu rumah ada 10 orang, dan satu rumah juga penghuninya dari berbagai daerah Indonesia ada dari Medan, Padang, Palembang, Jawa. Dari teman-teman asrama yang dari berbagai daerah dan semuanya rajin masak, aku pun mulai memperhatikan dan belajar masak dari mereka.

Pernah uni Yos teman dari padang masak dendeng sambal balado rasanya top banget di lidah. Akhirnya aku pun minta resepnya dan mulai masak sendiri. Cekidot ini resepnya.

Bahan
1. 1/2 kg daging
2. Cabai merah besar 5 buah
3. Cabai rawit 5 buah
4. Bawang putih 3 siung
5. Bawang merah 4 siung
6. Asam jawa
7. Jeruk nipis
8. Gula, garam dan penyedap rasa


Bahan yang di haluskan
Cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih di giling kasar

Cara masak
1. Cuci besih daging, setelah di cuci masukan jeruk nipis dan biarkan 15 menit.
2. Rebus daging sampai lembut, setelah di rebus dipotong tipis, setelah di potong di tokok-tokong daging tersebut sampai gepeng setelah itu goreng.
3. Setelah itu tumis dengan miyak sedikit bahan yang telah di haluskan hingga harum dan masukan garam, gula penyedap serta masukan asam jawa sedikit sebagai pengganti tomato.
4. Setelahnya gaul daging yang telah di goreng kedalam sambal dan siap untuk di hidangkan.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 Comments

  1. Aduh, Mba Dewi. Merahnya menggugah selera nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di coba sndri mba.mudah aja masaknya.... ^_^

      Hapus
    2. pasti makannya tambah selera nyammiii

      Hapus