Bubur Lambuk Tradisi Wajib Bulan Ramadhan Di Malaysia


Bubur lambuk 



Setiap negara memiliki tradisi Ramadhan yang berbeda, mulai dari panganan sampai acara Ramadhan. Seperti di Malaysia tradisi wajib setiap bulan puasa adalah mengkonsumsi bubur lambuk. 

Bubur lambuk kalau dilihat tidaklah istimewa. Tapi, bagi masyarakat Malaysia bubur lambuk ini adalah makanan yang harus dirasai meskipun sekali dalam bulan ramadhan. Bubur lambuk biasanya di masak secara bergotong royong di dapur mesjid atau surau. Setiap mesjid di Malaysia pasti menyediakan menu bubur lambuk untuk menu utama buka puasa jamaah yang datang ke mesjid. Dan ada pula yang membagi-bagikan untuk di jalanan. 

komposisi bubur lambuk sendiri sangat sederhana sekali. Beras yang dimasak sampai menjadi bubur, dimasukan rempah-rempah, daun sup, bawang goreng kadang kala ada suiran ayam. Kalau diperhatikan mirip sekali dengan bubur ayam. Cuma yang membedakannya adalah rasa rempahnya. 

Seperti di tempat saya bekerja, setiap  bulan ramadhan akan dibagi bubur lambuk secara gratis. Biasanya dibagi 3 atau 4 kali selama sebulan agar setiap shift dapat merasakan bubur lambuk ramadhan. Ada kenikmatan tersendiri ketika memakan bubur lambuk saat bulan ramadhan.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 Comments

  1. Ko baru tau ya ada bubur lambuk kemana aja gueh hahaha

    BalasHapus
  2. Ko baru tau ya ada bubur lambuk kemana aja gueh hahaha

    BalasHapus