Kenapa Buah-buahan Yang Dibawa Ditahan Pihak Bandara?


Selama ini banyak dengar dari keluhan teman-teman karena buah yang dibawa sebagai oleh-oleh dari Malaysia untuk keluarga di Indonesia selalu diambil oleh pihak bandara. Karena kurangnya informasi terhadap masyarakat akan hal ini, sehingga menyebabkan pikiran-pikiran negatif terhadap pihak imigrasi.

Nah, beberapa bulan lalu saya tergabung dalam group kepenulisn one day one post (ODOP) yang dipelopori oleh bang Syaiha. Group ini sangat aktif dalam group whatsapp, di group saya salah satu admin groupnya adalah Bunda Julia Rosmaya. Beliau ini ternyata bekerja di Balai Uji Terap Teknik Dan Metode Karantina Pertanian. Dari sini, saya pernah terlibat dalam obrolan ringan seputar karantina di BBM. Dari obrolan ringan itu lah baru saya tau kenapa banyak buah-buah yang dibawa dari luar negeri selalu diambil oleh pihak bandara.

Penjelasan singkat mengenai karantina pertanian.

Badan Karantina Pertanian adalah lembaga yang berada di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang bertugas untuk melaksanakan karantina hewan ternak, tanaman pertanian, dan hasil pertanian dan peternakan untuk mencegah penyebaran hama dan penyakit. Badan Karantina Pertanian merupakan Unit Eselon 1 di Lingkungan Kementerian Pertanian.

Setiap bandara di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia ada yang namanya Custom Immigration Quarantine (CIQ). Tugas CIQ ini sendiri adalah mengawasi keluar masuknya barang inpor dan ekspore. Bandara internasional adalah pintu gerbang suatu negara.
Jadi, karantina pertanian yang ada di bandara bertugas memeriksa produk pertanian (buah, bibit tanaman) yang akan memasuki Indonesia atau provinsi tertentu akan dilakukan pemeriksaan dokumen dan kondisi kesehatan. Jika, tidak memiliki dokumen resmi atau terbukti terjangkit penyakit, akan dimusnahkan atau di kembalikan ke negara atau daerah asal.


Pertanyaannya "boleh nggak sih di bandara bawa buah untuk oleh-oleh ke Indonesia?"

Jawabannya sudah jelas boleh, asal buah yang dibawa memiliki dokumen dan mempunyai bukti bahwa buah itu bebas penyakit.

Jadi, buah-buah yang sering di ambil pihak CIQ meskipun dalam jumlah yang kecil merupakan buah yang tidak memiliki dokumen dan  kertas kesehatan. Masalah hygiene dan sanitasi di bandara berhubungan erat dengan penyebaran penyakit menular dan juga dengan keselamatan penerbangan.

Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. keren ..... ifo lebih lanjut mengenai Karantina pertanian bisa menghubungi FB : Humas Karantina, Twitter @humaskarantina

    BalasHapus