Menjelajah Tasek Cermin Ipoh Perak

tasek cermin,gambar agak blur

Ini cerita liburan chines new year (CNY) kemarin baru sekarang ditulis. Basi banget Ya...sudah lewat hampir 3minggu baru ditulis (nggak ada tulisan basi sebelum diceritakan Dan ditulis...ngeles).

Sudah jalan 8 tahun menjadi warga sementara Ipoh Perak-Malaysia baru pertama Kali dengar tasek Cermin itu pun infonya dari teh Dewi. Setelah itu cari-cari info tasek Cermin di tempat mbah google, ternyata tasek cermin letaknya tidal jauh dari asrama ku. Tanya-tanya teman kerja yng orang Ipoh mereka juga tak pernah dengar tempat itu apalagi mengunjunginya. Tak puas hati dan penasaran ku Tanya lagi pakcik taksi yang selalu mengantar jemput kalau aku berpergian. Jawaban yang sama ternyata pakcik juga tak tau tempat itu meskipun pernah mendengar Tasek Cermin.

jalan ke tasek cermin
Pas CNY libur panjang, teman-teman dari Kuala Lumpur (KL) pengen ke Ipoh untuk berkunjung ke Tasek Cermin. Wah...aku pun semangat ketika mereka mau main ke Ipoh, karena jarang-jarang mereka turun Ipoh. Saat malam CNY mereka mengabari bahwa mereka akan berangkat dari KL pagi. Aku dan mba Hapsari Sudah siap menunggu mereka jam 10pagi, bahkan mba Hapsari dari Tapah ke Ipoh jam 9pagi Sudah sampai. Sementara aku masih di rumah nyiapkan kerjaan yang Sudah DL hari itu dan harus segera dikumpulkan. Setelah tugas selesai aku bergegas mandi Dan siap-siap menemui mba Hapsari yang saya suruh tunggu di KFC gunung rapat. Setelah selesai aku langsung sms pakcik untuk mengantarkanku ke KFC ditempat mba  Hapsari menunggu. Tak sampai 15menit dari asrama ke KFC Gunung Rapat. Setelah itu mba Hapsari yang telah menunggu ku suruh cepat masuk ke taksi kami ingin meninjau lokasi Tasek Cermin sebelum teman-teman dari KL sampai.

suasana perjalanan ke tasek cermin

Karena pakcik juga nggak tau tempatnya akhirnya kami menggunakan bantuan pakde GPS. Sudah pakai GPS juga masih kelewatan simpang untuk ke Tasek Cermin, karena memang tak ada tanda atau bacaan menuju Tasek Cermin. Akhirnya putar balik tanya polisi bantuan yang lagi mengamankan peryaan CNY di tokong area taman soonchun. Polisi itu juga tak tau, Akhirnya tetap ngikuti arah GPS. Tidak jauh dari tokong tersebut ada gang antara ruko Dan pabrik. Akhirnya kami masuki jalan itu hingga ujung jalan. Sampai hujung jalan Tanya orang-orang Yang bekerja di pecah batu. Ternyata benar Tasek Cermin area situ tetapi harus masuk ke dalam. Kendaraan taksi,mobil atau motor tidak boleh masuk karena disitu area pecahan batu kapur. Akhirnya tau juga tempat itu, tapi aku dan mba hapsari tak masuk langsung ke Tasek Cermin. Kami pun balik ke megoplex untuk makan siang sambil menunggu Khanifa yang mau ikutan ke Tasek Cermin. Setelah makan siang dan ketemu Khanifa kami pun menunggu teman-teman Dari KL yang nggk berkabar. Tiba-tiba Anwar Whatsapp bahwa mereka berangkat Dari KL jam 2.30 sore naik kreta api (huaaaa berkarat nunggunya). Akhirnya, aku, mba Hapsari Dan Khanifa kesana bertiga naik taksi pakcik lagi. Sampai disana cukup ramai juga yang berkunjung. Tapi, kami sedikit bingung cari gua untuk menuju tasek Cermin. Sampai sedikit nyasar, Akhirnya ada orang yang baru keluar dari gua tersebut Yang menunjukan kami.
Untuk menuju Tasek Cermin harus melewati gua Yang lumayan panjang dan gelap karena tak ada pencahayaan, Karena tasek Cermin ini bukan tempat objek wisata. Setelah menyusuri gua Akhirnya keremu juga tasek Cermin yang dicari. Tempatnya masih asri dengan dilindungi tebing batuan kapur serta airnya bersih bisa untuk memanjakan mata.
Tak sampai satu jam disana foto-foto cekrek-cekrek kami pun kembali dengan tujuan perjalanan pekan Ipoh. Dari Tasek Cermin ke luar kami jalan kaki berpanas-panas menuju halte bus ke pekan Ipoh.

Sampai halte tak Sampai 20menit bus yang kami tunggu pun datang. Naik bus Dari Gunung Rapat ke pekan Ipoh sekitar 20menit kami turun di Medan Kid. Dari Medan Kid kami jalan menuju mesjid negeri Ipoh Perak kebetulan kami belum sholat zuhur. Setelah sholat kami melanjutakan perjalanan menuju daerah plan B, tempat Yang cukup klasik yang sekarang tempat yang banyak di kunjungi. Di sana tak ketinggalan foto-foto lagi setelah itu mba Hapsari pulang Karena takut kesorean. Sementara aku dan Khanifa masih disana. Akhirnya kami melabuhkan diri di dellis cafe halal food untuk mengisi perut. Hingga azan Ashar berkumandang kami berdua bergegas menuju mesjid negeri lagi. Sampai di mesjid hp berdering, ternyata para tetamu dari KL sudah sampai Ipoh. Aku suruh mereka ke mesjid karena stasiun kreta dengan mesjid berhadapan. Dan aku pun bergegas ke lantai atas mesjid untuk melaksanakan sholat. Selesai sholat menghampiri mereka.

Akhirnya mereka sampai juga ke Ipoh. Mengingat waktu juga sudah senja dan bus di Ipoh ini tidak 24 jam akhirnya aku dan teman-teman yang lain ke terminal medan kid untuk menuju tasik cermin. Alhamdulillah nggak nunggu lama kami dapat bus. Jalanan cukup lengang karena hari libur. Tak terasa kami pun sampai  halte untuk menuju tasik cermin. Dari halte sekitar 15 menit di tempuh dengan berjalan kaki. Sampai sana semua berfoto ria...dan ternyata masih banyak orang yang berkunjung kesana.