Menjaga Anak Perempuan Lebih Susah Daripada Menjaga 100 Ekor Lembu




Meskipun belum menikah (bukan dalam rangka promo kalau saya masih single dan belum berpunya) bolehlah saya membahas tentang anak dari balik kaca mata saya pribadi. Sesuai judul di atas saya mengutip sebuah pepatah lama yang berbunyi "Menjaga anak perempuan lebih susah dari pada menjaga 100 ekor lembu." Pepatah lama itu ada benarnya. Belakangan ini bisa belajar dari kasus Yuyun dan Eno.

 Meskipun dulu bukan tidak ada pemerkosaan dan tindakan kejahatan lainnya terhadap wanita. Dulu jaman gedget tak semarak sekarang ini, internet tak semudah sekarang ini, siaran tv juga masih hal-hal yang sewajarnya ada juga kejahatan, apalagi sekarang ini semua serba mudah untuk di akses. Sehingga anak-anak di bawah umur bisa mengakses hal-hal yang tidak sewajarnya dengan mudah. Merujuk pada Ibu dan Ayah yang punya anak perempuan semakin was-was dengan keadaan sekarang. Apalagi anak-anak perempuan mereka semakin dewasa, semakin besar pula tanggung jawab sebagai peran orang tua.

Berita-berita pemerkosaan yang terjadi di tanah air sangat miris sekali. Kasus Yuyun, bocah SMP yang digagahi oleh 14 orang dibawah umur yang lagi mabuk. Pastinya berita itu membuat hati orang-orang tersayat dan mengutuk perbuatan biadab itu, terutama para orang tua pasti merasa ngilu hingga paru-paru. Tak lama kasus Yuyun, muncul pula kasus Eno yang diperkosa oleh pacarnya dan 2 orang teman pacarnya. Yang membuat miris lagi setelah di perkosa, kemaluannya (maaf) disumbat dengan gagang cangkul hingga tembus ke hati dan paru-parunya rusak. Sungguh perbuatan yang sangat keji. Pastilah orang tua korban sangat terpukul melihat nasib anaknya. Terlebih lagi kepergian anaknya tidak wajar.

Jaman yang semakin maju, dekadansi moral anak mudanya pula terlihat semakin mundur. Ini sebuah kemajuan atau sebuah kemunduran jaman?. Hal-hal yang dianggap tabu menjadi hal biasa, kejahatan-kejahatan yang terjadi semakin luar biasa, zina semakin meraja lela. Bahkan atas dalih sama-sama suka, dan embel-embel pacaran banyak yang melakukan sex bebas. Apalagi berbicara soal karakter anak perempuan zaman sekarang ini begitu mudah terpengaruh dengan dampak arus globalisasi hingga terperosok pada pergaulan bebas, trend busana seksi, korean style dengan budaya yang hedonis. Seorang perempuan yang harga dirinya terhinakan, maka sangat berdampak pada reputasi keluarga.

Kenapa anak perempuan yang lebih susah untuk dijaga, daripada anak laki-laki?.Anak perempuan bak sebutir mutiara yang jauh di dasar lautan. Impian Ibu dan Ayah pastilah ingin anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeha dan tumbuh dalam kebaikan-kebaikan. Karena menjaga anak perempuan itu banyak cobaannya, sebelum dia menikah tanggung jawab semuanya terletak di bahu Ibu dan Ayah. Bagi yang muslim anak perempuan yang sudah baligh wajib menjaga auratnya, harga diri, mahkota kesucian wajib dijaga, kesopanan, budi pekerti juga perlu didik ketika menjadi ibu rumah tangga kelak tau menjaga diri dan keluargnya.

 Dan tetap berhati-hati, karena perempuan itu lemah dan sumber fitnah dunia.

"Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita."(HR. Bukhari: 5096 dan Muslim:2740)

Hadis di atas ada benarnya. Karena fakta memang telah membuktikan. Meskipun wanita diciptakan dengan kondisi akal yang lemah, namun betapa banyak lelaki yag cerdas, kuat gagah perkasa, dibuat lemah tunduk di bawahnya. Meskipun para wanita diciptakan dengan segala keterbatasan betapa banyak para penguasa tersungkur dalam jeratnya. Betapa banyak ahli ibadah yang dibuat lalai dari Tuhannya.


Semoga saya, adik perempuan saya dan para anak-anak perempuan di luar sana mampu menjaga diri dan kehormatan keluarga.



Bagikan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

11 Comments

  1. Sesusah apapun, saya ttp ingin punya anak perempuan kelak.. Doakan yaa.. Hehe

    Semoga yang punya blog ini segera menikah.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bang alif segera punya adik prempuan. aamiin.

      aamiin untuk doanya, bang syaiha.

      Hapus
  2. Aamiin.
    Benar sekali kata mba Dew.

    BalasHapus
  3. Karena itu lah, saya takut untuk punya momongan cewek.
    Bang syaiha pengen punya anak cewek?? Moga terkabul..aamiin..
    Moga awie cepet dapet jodoh.aamiin..

    BalasHapus
  4. Karena itu lah, saya takut untuk punya momongan cewek.
    Bang syaiha pengen punya anak cewek?? Moga terkabul..aamiin..
    Moga awie cepet dapet jodoh.aamiin..

    BalasHapus
  5. disisi lain, anak perempuan bisa mengantar orang tuanya ke surga :-)

    BalasHapus
  6. Miris pelakunya anak bau kencur ... :(
    Semoga kita semua terhindar dari perbuata keji

    BalasHapus
  7. Miris pelakunya anak bau kencur ... :(
    Semoga kita semua terhindar dari perbuata keji

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah Sy pny 1 anak perempuan, Mau nya punya 4 anak perempuan....

    BalasHapus